download

Komitmen PT TWC Hadirkan Pelayanan Prima untuk Menunjang Pariwisata Berkualitas di Destinasi Pariwisata Super Prioritas

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) mendapatkan penghargaan dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) sebagai salah satu implementor yang konsisten dalam melaksanakan CHSE melalui penerapan SNI ISO 9042:2021 pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur dan destinasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala BSN, Kukuh S Ahmad, dan diterima oleh Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC, Ibu Hetty Herawati pada kegiatan Festival Infrastruktur Mutu Nasional (FIMN) di Jakarta.

SNI ISO 9042:2021 merupakan standar penerapan standar yang meliputi kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan tempat penyelenggaraan dan pendukung kegiatan pariwisata (CHSE). Sesuai dengan Permenparekraf Nomor 13 Tahun 2020, PT TWC menjadi perusahaan konsisten yang menerapkan protokol kesehatan dengan unit usaha terbanyak, di antaranya kawasan Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko; akomodasi hotel The Manohara Yogyakarta serta kawasan TMII yang meliputi Anjungan Daerah dan Museum. 

Dalam kesempatan tersebut, Hetty Herawati mengatakan bahwa menjaga mutu dan kualitas layanan di seluruh destinasi merupakan hal mutlak dan komitmen yang harus terus dikembangkan.

“Menjaga mutu atau kualitas layanan dalam seluruh kegiatan operasional perusahaan merupakan hal dasar yang wajib terus dilakukan, terutama kaitannya dengan CHSE di masa pasca pandemi ini. Kualitas layanan yang baik akan memberikan kepuasan dan pengalaman yang menyenangkan bagi setiap pengunjung yang datang, juga kepuasan bagi kami dapat memberikan yang terbaik bagi negeri,” ungkapnya.

Penerapan protokol kesehatan di masa pandemi telah dilakukan melalui uji standar penilaian BSN dan Kemenparekraf. Selain SNI ISO 9042:2021,  PT TWC telah melakukan standarisasi di beberapa aktivitas perusahaan, antara lain SNI ISO 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI), SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), ISO 31000:2018 tentang Manajemen Risiko dan SNI ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu.

Penghargaan ini menjadi motivasi PT TWC untuk terus konsisten dan semakin berkembang dalam mempertahankan kualitas layanan di destinasi. Semangat ini sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh stakeholders.