download

Rekomendasi 6 Destinasi di Yogyakarta Long Weekend Iduladha 2024  yang Wajib Dikunjungi!

4 minutes

Momen libur long weekend Iduladha 15–18 Juni 2024 mendatang menjadi saat terbaik untuk kamu yang ingin berlibur, dan Yogyakarta adalah kota atau tempat yang tepat buat kamu menghabiskan momen long weekend terakhir di tahun 2024. Yogyakarta memang tidak pernah kehabisan tempat wisata menarik untuk dikunjungi dan selalu menawarkan banyak pilihan untuk kamu jelajahi, dari tempat wisata budaya dan heritage sampai kulinernya yang menawarkan banyak ragam rasa. Untuk kamu yang berencana ke Yogyakarta, berikut adalah 6 rekomendasi destinasi yang dapat kamu jelajahi dalam satu hari!

  1. Bukit Dagi Candi Borobudur

Mengawali petualangan sehari penuh di Yogyakarta, perjalanan dimulai dengan pengalaman magis menyaksikan matahari terbit di Bukit Dagi Candi Borobudur yang berlokasi dalam Kawasan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pada pukul 05:00 pagi, pemandangan megah dari Bukit Dagi yang disinari cahaya lembut matahari pagi menciptakan suasana spiritual yang tak terlupakan. Setelah menikmati keindahan sunrise, pengunjung dapat menikmati sajian makanan tradisional khas Borobudur sambil ditemani Pamong Carita yang akan menceritakan narasi mulai dari budaya, sejarah, legenda dan edukasi yang terkandung dalam relief Candi Borobudur. Di sana, pengunjung juga bisa belajar membuat kerajinan tradisional dan bermain mainan tradisional. Bukit Dagi juga identik dengan lokasi yang tepat bagi pengunjung melepas penat dengan bermeditasi untuk menikmati suasana alam yang tenang dan sejuk. Setelah itu, pengunjung juga bisa mengunjungi monumen Candi Borobudur pada pukul 09.00 WIB dengan sebelumnya melakukan reservasi melalui ticket.borobudurpark.com.

  1. Candi Prambanan

Sebagai situs warisan budaya UNESCO dan Candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti berkeliling menggunakan kendaraan bebas emisi, bermain dolanan tradisional dan merasakan pengalaman jemparingan (panahan). Dengan tiket masuk mulai dari Rp25.000 untuk kategori anak dan Rp50.000 untuk kategori dewasa, kamu juga bisa berkeliling ke candi-candi lainnya yang masih berada di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan seperti Candi Bubrah, Candi Lumbung dan Candi Sewu. Jadi kamu wajib banget mampir ke sini ya!

  1. Bebek Goreng Suwarni

Setelah menjelajahi Candi Prambanan, untuk santap siang kamu bisa mencicipi kuliner legendaris yang hanya berjarak 1,2 kilometer dan waktu tempuh 5 menit saja dari Candi Prambanan. Bebek Goreng Suwarni memiliki menu andalan yaitu bebek bacem goreng. Rasa bebek dengan bumbu bacem yang manis dimasak hingga 5 jam, meresap hingga ke dagingnya. Tak hanya bebek bacem goreng, ada menu soto bebek dan bebek ingkung yang wajib kamu coba.

  1. Keraton Ratu Boko

Ingin menikmati Candi dengan cara berbeda? Kamu bisa mengambil “Paket Wisata Boko Picnic”, dengan Rp300.000 untuk dua orang, kamu disajikan perlengkapan piknik seperti keranjang rotan dan tikar atau alas lengkap dengan hidangan ala piknik yang semakin mempercantik indahnya pengalaman kamu di halaman Keraton Ratu Boko. Setelah itu, kamu bisa berburu Sunset di Ratu Boko dan menikmati keindahan matahari terbenam di antara reruntuhan kerajaan masa lalu yang tidak bisa kamu temukan di tempat lainnya!

  1. Rama Shinta Garden Resto

Ingin mencari kuliner untuk mengisi perut sebelum menyaksikan pentas di Ramayana Ballet Prambanan? Kamu bisa mampir ke Resto Rama Shinta yang berada di area yang sama dengan pementasan. Nikmati hidangan dengan view Candi Prambanan yang megah dan ambience resto yang bernuansa Jawa.

Di Rama Shinta Garden Resto tersedia pilihan buffet dan ala carte dengan berbagai pilihan menu tradisional seperti Rawon, Bakmi Jawa, Tape Sos Njowo dan minuman tradisional seperti Es Gulas, Es Tape dan aneka Wedang. Untuk kamu yang ingin mencoba ala carte, cobalah menu signature Iga Obonk, olahan iga sapi yang bercita rasa pedas yang dipadu dengan urap, tahu dan tempe goreng serta nasi putih yang hangat. Untuk reservasi kamu bisa menghubungi nomor berikut +62 858 0352 5354.

  1. Ramayana Ballet Prambanan

Menjadi salah satu wisata budaya yang populer di Jogja, Ramayana Ballet Prambanan menyuguhkan berbagai pertunjukan seni dan drama tanpa dialog dengan view Candi Prambanan di Open Air Stage.

Dengan penari profesional dan alunan musik tradisional, pementasan sendratari Ramayana digelar pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, serta sendratari Roro Jonggrang dan Shinta Obong pada hari Jumat yang bisa kalian nikmati dengan harga tiket yang bervariasi tergantung performance dan kelas yang kamu pilih. 

Itu dia 6 rekomendasi destinasi di Yogyakarta untuk menemani kalian saat long weekend Iduladha 2024, kalian tertarik mengunjungi yang mana nih?