download

DolanRia Prambanan by BTN: Festival Taman Bermain Warisan Budaya Pertama di Indonesia

3 minutes

InJourney Destination Management bersama Loket.com mempersembahkan DolanRia Prambanan by BTN, yang diadakan pada tanggal 5–7 Juli 2024 di Candi Prambanan. DolanRia Prambanan merupakan festival Taman Bermain Warisan Budaya pertama di Indonesia yang menggabungkan berbagai unsur permainan, musik, pertunjukan seni, dan budaya yang edukatif, menciptakan pengalaman seru yang penuh keceriaan.

Mengangkat tema Generasi Jelajah Budaya, DolanRia Prambanan ingin menciptakan suasana unik, di mana anak-anak belajar keberagaman untuk memperkaya pengalaman. Pengunjung dapat menikmati Pameran Keluarga dan juga Pasar Medang yang berkolaborasi dengan pelaku kuliner UMKM lokal.

DolanRia Prambanan terdiri dari PentasRIA yang merupakan sajian ragam pertunjukan kesenian budaya lokal dengan kehadiran seniman dan para musisi terkenal yang inspiratif diantaranya Quinn Salman, The Bandels, RAN, dan Mocca. LokakaRIA sebagai kelas-kelas edukasi yang dapat diikuti anak-anak dengan 11 pilihan yang memberikan kesempatan untuk belajar melalui berbagai topik-topik menarik.

“Melalui DolanRia Prambanan, kita ingin mengembalikan lagi generasi yang sadar akan budaya Indonesia. Secara visi, kita ingin mengedepankan taman bermain yang ada unsur budayanya. Visi kita membuat generasi yang sadar akan budayanya sendiri. Secara Prambanan itu ikonik banget dengan budayanya,” jelas Vice President Loket.com Faqih Mulyawan saat press conference di Kantor Pusat TWC, Selasa (2/7/2024).

DolanRia Prambanan juga menghadirkan sosok Nussa & Rara sebagai kawan bermain untuk menjadikan liburan ini penuh kebahagiaan. Tokoh animasi pemenang Penghargaan Festival Film Indonesia 2021 ini berkarakter sopan, pemberani, aktif, periang, dan imajinatif. 

Direktur Utama InJourney Destination Management Febrina Intan berharap melalui petualangan di DolanRia Prambanan bersama Nussa dan Rarra, akan mengajarkan nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak.

“Nussa dan Rara adalah representasi anak-anak Indonesia yang sangat proper dalam membawa diri, sangat paham sopan santun dalam bermain bersama dengan kawan dan juga menghormati orang tua.  hal-hal kecil seperti bilang minta maaf, permisi, terima kasih menjadi bagian dari karakter Nussa. Ini merupakan Indonesian value itu mesti kita jaga,” jelasnya.

Febrina Intan mengestimasi jumlah wisatawan yang datang pada DolanRia Prambanan ini akan dihadiri oleh 10 ribu pengunjung. Dirinya berharap wisatawan akan terkesan dengan aktivasi seru yang akan membawa pengalaman baru berkunjung ke destinasi Warisan Budaya Dunia.

“Kami berharap, orang ingat Prambanan maka akan langsung ingat dengan DolanRia Prambanan. Ke depan, kunjungan tidak hanya fokus ke Candi Prambanan. Wisatawan bisa menikmati dan mengeksplorasi berbagai keseruan, saat berkunjung ke Prambanan,” terangnya.

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu optimis DolanRia Prambanan akan digemari oleh pengunjung keluarga yang berkunjung ke Yogyakarta. 

“Saya punya pengalaman ke Yogyakarta bersama keluarga. Setiap keluarga muda pasti mengajak liburan anaknya yang masih sekolah ke Prambanan, ditambah dengan adanya DolanRia Prambanan. Tentu akan semakin menarik kunjungan ke Prambanan khususnya dan Yogyakarta secara umum,” jelasnya.

Dirut BTN menegaskan dukungannya terhadap pengembangan ekosistem pariwisata di Indonesia melalui kolaborasi pada DolanRia Prambanan ini. BTN memberikan tawaran menarik diantaranya diskon khusus hingga 50 persen bagi pengunjung yang membeli tiket via Loket.com baik dengan kartu debit maupun transaksi melalui virtual account. 

Selain itu pengunjung yang menggunakan aplikasi BTN Mobile juga dimanjakan dengan cashback khusus jika bertransaksi dengan QRIS di aneka kuliner Pasar Medang. Tak hanya itu, pengunjung dapat membuka tabungan BTN melalui BTN Mobile selama event berlangsung. 

“Kita komitmen ini bukan hanya untuk liburan, yang penting adalah ada unsur edukasi. Anak-anak kita belajar mencintai lingkungan, mencintai budaya dalam negeri. Sebagai perbankan yang ikut dalam ekosistem pariwisata, maka kita komitmen untuk mendukung acara ini untuk turut memajukan ekosistem pariwisata Indonesia,” pungkasnya.