download

Momen Libur Sekolah, InJourney Destination Management Hadirkan Pengalaman #MaindiCandi yang Esensial

7 minutes

Liburan sekolah di depan mata. Saatnya berlibur ke destinasi wisata bersama keluarga tercinta. Beragam aktivitas seru yang mengedukasi dan menyenangkan dihadirkan oleh       PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) atau InJourney Destination Management (IDM) untuk memberi pengalaman berkesan melalui aktivitas yang esensial.

IDM menghadirkan aktivitas bagi wisatawan untuk menciptakan momen berkesan bersama keluarga saat liburan sekolah. Agenda seni budaya dalam bingkai lokalitas yang kental menjadi aktivitas utama selama masa libur sekolah. Program bertajuk #MaindiCandi merangkai aktivitas-aktivitas penuh makna yang dihabiskan bersama keluarga dari tanggal 24 Juni sampai 13 Juli 2024 di destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan dan Keraton Ratu Boko.

#MaindiCandi memberikan pengalaman liburan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga berkesan. Beragam aktivitas seru seperti permainan tradisional, pertunjukan seni, petualangan anak, jelajah destinasi akan memanjakan para pengunjung dari beragam usia, baik tua maupun muda. Program ini bertujuan untuk menciptakan momen kebersamaan yang tak terlupakan bagi keluarga maupun handai tolan tercinta.

Pengunjung yang datang diajak untuk menyelami sejarah dan keindahan relief candi-candi yang menjadi warisan budaya tak ternilai. Melalui pendekatan storytelling yang menarik, #MaindiCandi memastikan tiap peserta menerima wawasan yang kaya akan sejarah dan nilai-nilai luhur bangsa.

“Kami sangat antusias menyambut masa libur sekolah kali ini dengan rangkaian program #MaindiCandi yang telah kami siapkan. Kami berharap program ini dapat menjadi sarana rekreasi yang menyenangkan dan mengedukasi dengan memberikan pengalaman yang mendalam dan bermakna bagi para pengunjung,” jelas Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha IDM Hetty Herawati.

Destinasi Taman Wisata Candi Prambanan yang menjadi destinasi unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta, menawarkan ragam aktivitas baru Dolan Ria Prambanan untuk menghadirkan pengalaman berwisata yang seru dan menyenangkan. Aktivitas yang berlangsung dari tanggal 5–7 Juli 2024 ini terdiri dari berbagai aktivitas seru, antara lain taman bermain outdoor raksasa, wisata budaya, pertunjukan seni, kelas parenting dan lainnya.

DolanRia Prambanan merupakan festival Taman Bermain Warisan Budaya pertama di Indonesia yang menggabungkan berbagai unsur permainan, musik, pertunjukan seni, dan budaya yang edukatif, menciptakan pengalaman seru yang penuh keceriaan.

Mengangkat tema Generasi Jelajah Budaya, DolanRia Prambanan ingin menciptakan suasana unik, di mana anak-anak belajar keberagaman untuk memperkaya pengalaman. Pengunjung dapat menikmati Pameran Keluarga dan juga Pasar Medang yang berkolaborasi dengan pelaku kuliner UMKM lokal.

DolanRia Prambanan terdiri dari PentasRIA yang merupakan sajian ragam pertunjukan kesenian budaya lokal dengan kehadiran seniman dan para musisi terkenal yang inspiratif diantaranya Quinn Salman, The Bandels, RAN, dan Mocca. LokakaRIA sebagai kelas-kelas edukasi yang dapat diikuti anak-anak dengan 11 pilihan yang memberikan kesempatan untuk belajar melalui berbagai topik-topik menarik.

Direktur Utama InJourney Destination Management Febrina Intan mengatakan bahwa di DolanRia Prambanan ini pihaknya menargetkan sekitar 10 ribu pengunjung yang bakal mengunjunginya. Dalam program DolanRia Prambanan ini, pengunjung akan bisa melakukan eksplorasi kegiatan lain selain melihat candi. 

Febrina Intan mengungkapkan pada liburan sekolah kali ini, Candi Prambanan sudah 100 persen siap untuk menciptakan suasana bagaimana anak-anak bisa berbahagia berlibur ke Candi Prambanan. Pihaknya berupaya menciptakan situasi agar anak-anak bisa menikmati herritage dengan ceria. “Kami ingin menciptakan ekosistem wisata baru di DIY dan Jateng. Bukan untuk menyaingi yang sudah ada tetapi melengkapi,” jelas Febrina Intan.

Pada liburan sekolah tahun 2024 ini, jumlah kunjungan yang tercatat sudah mencapai capai 20 sampai 23 ribu orang per harinya. Jika dibandingkan dengan libur sekolah tahun 2023 yang lalu, pihaknya mencatat ada kenaikan 10–15 persen jumlah pengunjung yang datang ke Candi Prambanan.

Candi Prambanan juga menjadi tuan rumah perhelatan konser musik jazz tersyahdu di Indonesia, Prambanan Jazz Festival. Festival ke-10 di tahun ini siap digelar dengan segala kemeriahan yang menampilkan kolaborasi antara musisi, seniman, dan penggiat seni pertunjukan. Pertunjukan yang digelar di halaman Warisan Budaya Dunia dan menampilkan kemegahan Candi Prambanan sebagai latar pertunjukan, menambah daya tarik yang teramat spesial.

Prambanan Jazz 2024 akan dimeriahkan musisi internasional dan musisi lokal. Musisi internasional yang akan tampil yaitu Queen at the Opera dan Javier Parisi. Sementara untuk musisi lokal yang akan tampil antara lain Tulus, Nadin Amizah, Dere, Maliq & D’essential, Kahitna, Yura Yunita, Ardhito Pramono, Nonaria, JKT48, Yuni Shara, Dewa 19, serta Panbers.

Susana pepohonan yang rindang dan padang rumput yang hijau tentunya akan menambah kesejukan yang hadir bersama ramahnya konser musik untuk semua generasi. Tentunya semua ini bertujuan untuk membuat Prambanan Jazz dapat dikenang sebagai Festival Musik yang dapat memberikan kenangan yang Indah dan tak kan terlupakan.

Selain menyaksikan kemegahan Candi Prambanan, pengunjung akan disuguhi dengan pameran lukisan heritage di Museum Prambanan. Pameran yang berlangsung dari tanggal 3–5 Juli 2024 ini menampilkan karya dari 64 pelukis yang melukis bersama di kawasan Candi Prambanan untuk merayakan Hari Purbakala pada tanggal 14 Juni 2024. Karya-karya ini akan melengkapi keindahan narasi kawasan World Heritage UNESCO ini.

Di masa Libur sekolah nanti, Teater dan Pentas Ramayana menjadi daya tarik wisatawan. Unit Teater dan Pentas menyajikan pertunjukan Sendratari Ramayana Open Air pada tanggal 15, 18, 20, 22, 25, 27 dan 29 Juni 2024 mulai pukul 19.30 WIB. Sementara, untuk pertunjukan dramatari Roro Jonggrang, pentas di tanggal 14, 21, dan 28 Juni 2024 mulai pukul 19.30 WIB. Sementara, pertunjukan paling anyar, Shinta Obong, tampil di tanggal 14, 21, dan 28 Juni 2024 mulai pukul 17.30 WIB.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam Candi Prambanan dengan paket Girli Picnic yang tersedia setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu. Wisatawan dapat menikmati hidangan lezat tradisional dengan merasakan kehangatan matahari yang perlahan tenggelam. Suasana romantis dan keakraban akan semakin terasa, memperkaya pengalaman wisata yang tak terlupakan di Candi Prambanan.

Tak Hanya Candi Prambanan, Ragam Aktivitas Menarik  Hadir di Keraton Ratu Boko dan Candi Borobudur

Keraton Ratu Boko adalah destinasi yang menawarkan paket lengkap: keindahan bentang alam yang memukau, nilai yang mendalam serta penampilan kesenian yang berkesan. Di sini, pengunjung berkesempatan menyaksikan kesenian Srandul yang khas dan berkembang dari masyarakat di sekitar destinasi. Srandul adalah seni pertunjukan yang memadukan tarian dan musik yang atraktif dan melibatkan penonton dalam pertunjukannya.

Salah satu aktivitas yang patut dinantikan di Keraton Ratu Boko adalah Tamasya Asmara yang mengangkat tajuk Witing Tresno Jalaran Seko Ratu Boko. Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 Juli ini menjadi sebuah perayaan kecil untuk menakzimi perjumpaan dan mekarnya cinta di antara pasangan, pertemanan, dan keluarga.

Tamasya Asmara ini merupakan program kolaborasi antara InJourney Destination Management dengan Komunitas Tamasya Karsa dan Toko Perihal Cinta. Para pengunjung dimanjakan dengan berbagai kegiatan menarik seperti Asmara Karya (ragam lokakarya untuk berdua), Asmara Carita (jalan meramban bunga liar dan maca primbon), Asmara Senja (bersantai dengan boko piknik dan jalan kasmaran bersama yang tersayang), Bursa Asmara (ragam pop up store jenama lokal). Tak ketinggalan, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan musik More on Mumbles dalam Asmara Swara yang akan menambah kesan romantis dan hangat suasana Boko sore itu. Tentunya, Tamasya Asmara menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama orang tercinta.

Sementara itu, Taman Wisata Candi Borobudur yang tengah dalam tahap revitalisasi ini menghadirkan pengalaman kunjungan yang lebih baik di masa depan. Destinasi tetap menawarkan daya tarik yang menarik bagi para pengunjungnya. 

Setiap hari Senin, tersedia kesempatan khusus bagi pelajar untuk naik ke Candi Borobudur dengan kuota 1.200 orang per hari. Selain itu, aktivitas grup makan siang dan makan malam akan dipindahkan ke Dagi, dengan layanan payung parasol dan lesehan yang nyaman. Di akhir pekan, Sabtu dan Minggu, pengunjung dapat menikmati Live BBQ sambil menikmati penampilan musik yang menghibur.

Sejumlah aktivitas besar pun terangkum dalam masa libur sekolah ini antara lain BI Playon dan Indonesia Tipitaka Chanting dan Asalha Mahapuja di Taman Wisata Candi Borobudur. Aktivitas-aktivitas ini tentunya akan menjadi magnet kunjungan wisatawan, terlebih di aktivitas sport dan spiritual tourism menjadi embrio pariwisata berkualitas di Indonesia.

Direktur Utama PT TWC Febrina Intan mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung program #MaindiCandi sebagai bagian mendukung program Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk berwisata #DiIndonesiaAja. Masa libur sekolah bersamaan dengan momentum libur Idul Adha ini diharapkan bisa mendorong aktivitas berwisata yang mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Momentum libur sekolah ini untuk mendorong program-program wisata yang edukatif, kreatif dan rekreatif bagi pengunjung. Kolaborasi antara pelaku wisata membantu hadirkan pariwisata yang berkesan bagi wisatawan. Hal ini tentunya baik guna mendorong pariwisata Indonesia lebih berkarakter dan berkembang di masa mendatang,” pungkasnya.