download

Rayakan Hari Kebaya Nasional Hadirkan Vakansi Ria: Kebaya Bercerita di Keraton Ratu Boko

3 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko atau InJourney Destination Management (IDM) menggelar aktivitas seru bertajuk Vakansi Ria: Kebaya Bercerita pada hari Rabu (24/7/2024) di pelataran Keraton Ratu Boko, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini dihadirkan untuk memeriahkan Hari Kebaya Nasional serta mengajak insan muda untuk berwisata sambil menggunakan kebaya dan wastra ke destinasi cagar budaya.

Vakansi Ria: Kebaya Bercerita terselenggara berkat kerja sama antara InJourney Destination Management, tapi.aku.suka, kelinci tertidur, fanny soegi, dan komunitas anak muda Tamasya Karsa. Kegiatan ini menghadirkan tiga aktivitas utama, yaitu, Telusur Keraton Ratu Boko yang mengajak peserta untuk menjelajahi tiap sudut dan cerita dari situs cagar budaya ini, sharing session Kebaya Bercerita bersama dengan Kushandari Arfanidewi (@kelincitertidur) dan Dilla Auliya alias kudil (Atapi.aku.suka), serta special session bersama Fanny Soegi.

Vakansi Ria: Kebaya Bercerita juga akan mengajak para peserta untuk merayakan hari kebaya dengan fashion show sederhana menggunakan busana kebaya dan wastra di gerbang utama Keraton Ratu Boko. Selain itu, kegiatan ini  juga melibatkan jenama lokal yang otentik, antara lain Jamu Jawa Mba Thuk, Wastra Sukaria by tapi.aku.suka, Dje.Djak Rasa, Elder Patisserie, Kebaya Oma, Batik Widodo Chris, dan Jari Manis Jewellery. Menariknya, seluruh hasil penjualan dari jenama lokal diatas dan hasil donasi tiket akan disalurkan untuk lembaga perlindungan perempuan, anak, dan disabilitas di Yogyakarta.

Para peserta yang hadir dalam acara ini diwajibkan mengenakan kebaya dan wastra untuk menciptakan suasana yang sarat nuansa etnik nan elegan wujud kebanggaan akan warisan tradisi budaya bangsa. Kolaborasi dengan berbagai komunitas di Yogyakarta turut menjadikannya sebagai momentum untuk mempererat kebersamaan dan komitmen dalam melestarikan kebaya.

“Keraton Ratu Boko menjadi lokasi perayaan sederhana nan berkesan dari kebaya sebagai warisan budaya bangsa. Vakansi yang estetik ini kami hadirkan sebagai aktivitas wisata alternatif yang berkesan dengan menghadirkan berbagai kegiatan menarik, salah satunya special intimate session bersama Fanny Soegi sambil memandang Ratu Boko di kala senja. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan,” jelas Marketing & Sales Group Head IDM Dimas Ganjar Romadhan, Rabu (24/7/2024).

Vakansi Ria: Kebaya Bercerita merupakan bentuk komitmen IDM untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka mengembangkan destinasi cagar budaya menghadirkan program-program yang bercorak pariwisata berkualitas. Pariwisata berbasis komunitas ini menghadirkan ragam aktivitas seru yang menumbuhkan pengalaman baru nan berkesan.

Pendekatan berbasis komunitas yang kami kembangkan di destinasi Keraton Ratu Boko ini merupakan bagian integral dari pengembangan pariwisata berkelanjutan yang memberi dampak signifikan pada aspek ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Berbagai kegiatan wisata seperti pengenalan makanan dan minuman lokal, pemanfaatan potensi alam di sekitar dengan kegiatan outdoor seperti trekking, berjalan kaki terus dikembangkan di destinasi Keraton Ratu Boko ini.

“Pendekatan wisata berbasis komunitas ini juga memberi penguatan pada tradisi budaya lokal, pemberdayaan komunitas lokal, serta menghadirkan pertukaran lintas budaya yang berpotensi mengembangkan khazanah hidup kebangsaan generasi muda. Pada praktiknya, metode pariwisata ini menghadirkan kebermanfaatan yang otentik bagi banyak pihak,” pungkasnya.