Sambut Wisatawan Pertama di Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko
InJourney Destination Management awali optimisme tahun 2025 dengan penyambutan pengunjung pertama di seluruh destinasi, di antaranya Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Keraton Ratu Boko, serta Teater dan Pentas Ramayana. Tradisi ini bukan hanya simbol penghormatan, tetapi juga upaya untuk mengangkat kekayaan budaya dan alam Indonesia sekaligus mempromosikan pariwisata yang berkualitas dan lestari.
Contohnya di Prambanan dan Keraton Ratu Boko, pengunjung langsung disambut Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko InJourney Destination Management, Joel Siahaan, bersama General Manager Prambanan & Ratu Boko, Ratno Timur. Sementara di Borobudur, sambutan meriah dilakukan oleh Direktur Taman Wisata Borobudur, Mardijono Nugroho serta GM Borobudur AY Suhartanto dengan menggunakan pakaian adat Jawa.
“Penyambutan ini bukan sekadar seremonial, melainkan cara kami untuk memberikan pengalaman unik dan memperkaya wawasan wisatawan tentang pentingnya menjaga warisan budaya untuk generasi mendatang,” ujar Joel Siahaan.
Acara dimulai dengan pengalungan kain tenun sebagai simbol kehangatan dan penghargaan terhadap budaya lokal dengan kualitas global. Suasana penyambutan semakin hidup dengan iringan kesenian tradisional seperti Prajurit Bregodo di Prambanan, Tarian Punakawan disertai musik tradisional Srandul di Keraton Ratu Boko, dan Kirab Budaya dengan delman di Borobudur.
Sebagai bagian harapan atas kelestarian alam serta budaya, acara ditutup juga dengan aksi tanam Pohon Bungur bersama-sama.
“Penanaman pohon ini adalah simbol pertumbuhan dan keberlanjutan, mengajak setiap wisatawan untuk berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau dan terjaga,” tambah Joel.
Pengalaman ini tentu menarik dan membekas bagi wisatawan pertama di tahun ini. Contohnya Sugeng Priyono, pengunjung asal Sumatera Utara, mengaku datang ke Prambanan untuk mengenalkan sejarah kepada anak-anaknya.
Sementara Supriyono, wisatawan dari Ngawi, Jawa Timur, menyebut sambutan hangat ini sebagai pengalaman tak terlupakan. “Kami merasa sangat dihargai dan senang dengan penyambutan ini berharap dapat kembali berkunjung,” ujarnya.
Dengan menyatukan kesenian, budaya, sejarah, dan kelestarian alam, didukung peningkatan kualitas layanan dan fasilitas, InJourney Destinations serius membuktikan komitmennya untuk menjadikan kawasan destinasi yang dikelolanya menyempurnakan tujuan pariwisata, edukasi dan spiritualitas kelas dunia.

Ribuan umat Buddha dari berbagai daerah mengikuti upacara Apihoma Catur Kiblat Borobudur di lapangan Kenari Candi Borobudur, Sabtu (28/6/2025). Kegiatan ini dilakukan oleh Majelis Agama Buddha Tantrayana Zhenfozong Kasogatan Indonesia bersama Majelis Agama Buddha Tantrayana Satya Buddha Indonesia.kembali menggelar Upacara Apihoma Catur Kiblat di Candi Agung Borobudur pada Sabtu, 28 Juni 2025. Acara diawali dengan […]

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko atau InJourney Destination Management bekerja sama dengan PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menghadirkan pelatihan InJourney Hospitality House (IHH) bagi 120 pelaku usaha di Kampung Seni Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dari tanggal 24–26 Juni 2025. Pelatihan intensif selama tiga hari ini merupakan […]