Hadiah dari Warisan Budaya: InJourney Destination Management Hadirkan Pengalaman Liburan Nataru Penuh Makna dan Sukacita di Candi Prambanan
Menutup tahun 2025 bukan hanya soal bergantinya kalender, namun momen untuk merayakan kebersamaan dengan keluarga dan kerabat serta mengukir cerita baru. Musim Liburan Nataru kali ini, InJourney Destination Management (IDM) menyiapkan Candi Prambanan sebagai ruang penuh sukacita melalui tema “Hadiah dari Warisan Budaya, Ada Cerita Penuh Makna.”
Mulai 24 Desember hingga 4 Januari 2026, Candi Prambanan tidak hanya menawarkan keindahan candi, namun berbagai aktivitas seni dan budaya sepanjang hari, yang dirancang untuk memberikan pengalaman relevan untuk berbagai kalangan lintas generasi, yang selaras dengan prinsip pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.
Membuat budaya tetap relevan, tahun ini juga istimewa dengan kolaborasi strategis dengan BTN, Loket.com, Coca-cola, AQUA, dan Wardah untuk menghadirkan festival akhir tahun termasuk 3 program unggulan Candi Prambanan, yaitu Dolan Ria, Pasar Medang, dan Swara Prambanan.
“Kami ingin pengunjung menikmati Candi Prambanan, bukan hanya sebagai situs peninggalan budaya yang indah, tapi juga meninggalkan sukacita. “Hadiah dari warisan budaya, ada cerita penuh makna” adalah janji kami bahwa setiap pengunjung akan pulang membawa cerita. Baik itu ayah yang membawa anaknya ke kampung dolanan, keluarga yang menikmati sajian tradisional di Pasar Medang, maupun pasangan yang merayakan pergantian tahun di Swara Prambanan. Kami ingin Candi Prambanan menjadi ‘rumah’ yang hangat untuk menutup tahun 2025 dengan penuh makna dan sukacita,” jelas Gistang Richard Panutur, Direktur Komersial IDM.
Aktivitas akhir tahun yang dapat dinikmati pengunjung, termasuk 3 IP dari IDM, antara lain:
- DolanRia Prambanan.
Sebuah ruang interaksi lintas generasi, dimana orang tua dapat dapat mengajak anak-anak merasakan kembali aktivitas di ruang terbuka dengan berbagai pilihan permainan dan interaksi, termasuk Area Permainan Tradisional yang sarat moral di tengah maraknya permainan digital, seni di area Kanak Art, Area Mini Zoo, dan lintasan Balance Bike.
Pada program yang akan berlangsung mulai 25-31 Desember ini, IDM juga turut menggandeng Balai Pustaka, untuk menghadirkan ragam aktivitas keluarga yang hangat dan edukatif, mulai dari Pop-Up Bookstore yang memikat, sesi dongeng anak yang inspiratif, hingga kegiatan mewarnai karakter-karakter legendaris yang sarat nilai pembelajaran.
- Pasar Medang
Hadir di Lapangan Sentono, komplek pasar Medang hadir memberikan pengalaman kuliner otentik seperti gudeg, sate koyor, apem, dan jajanan tradisional lainnya. IDM menggaet 50 UMKM lokal dalam gaya pop-up market di suasana pasar lawasan.
“Pasar Medang bukan hanya pesta rakyat semata, namun juga bentuk sinergi pariwisata berkelanjutan langkah untuk mendorong perputaran ekonomi dalam ekosistem pariwisata Prambanan”, jelas Gistang Panutur.
- Swara Prambanan
Puncak perayaan sunset terakhir 2025 ditandai dengan Swara Prambanan. Ini bukan sekadar konser, melainkan “hadiah” bagi telinga dan jiwa yang merindukan hiburan berkelas dengan latar historis yang epik. Berkolaborasi dengan BTN, Loket, Gold Live, Antara Suara, WIngs, AQUA, dan Wardah ini menampilkan artis papan atas Tanah Air, mulai dari Padi Reborn, Denny Caknan, Bilal Indrajaya, For Revenge, Tenxi X Naykilla, serta Mr Jono & Joni.
Perayaan pergantian tahun kali ini akan berbeda. Sebagai bentuk empati dan solidaritas atas musibah yang dirasakan saudara-saudara kita di Sumatra, maka IDM memutuskan untuk meniadakan kembang api pada malam pergantian tahun.
“Tahun ini, kami memilih untuk merayakan pergantian tahun dengan cara yang lebih kontemplatif tanpa kembang api, yang sudah menjadi ikon Swara Prambanan. Fokus kami dialihkan pada donasi, doa bersama, dan apresiasi budaya. Kami ingin kemeriahan akhir tahun di Prambanan tidak hanya dirasakan sebagai euforia sesaat, tetapi juga sebagai ruang untuk saling mendoakan sesama bangsa Indonesia,” tambah Gistang Panutur.
Swara Prambanan akan berkolaborasi dengan Human Initiative melakukan penggalangan donasi melalui campaign #SwarauntukIndonesia . Program yang dibuka dari tanggal 24 sampai 31 Desember ini bisa diikuti oleh publik luas untuk turut berempati terhadap korban bencana di berbagai daerah Indonesia.
IDM untuk Sumatra
Selaras dengan semangat Melayani Sepenuh Hati, IDM turut peduli dengan menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada warga terdampak bencana banjir di Aceh, Sumatra Utara dan Sumatra Barat.
Melalui kampanye #IDMUntukSumatra, IDM berkolaborasi dengan Kitabisa, menyalurkan bantuan berupa uang tunai dan berbagai kebutuhan korban, antara lain obat-obatan, sembako, alat kebersihan, susu, pakaian bayi, genset, instalasi air bersih dan lainnya.
Proyeksi Kunjungan di Destinasi
IDM memprediksi total kunjungan di Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan Teater & Pentas Ramayana Prambanan sebanyak 340.875 pengunjung. Adapun rincian dan pertumbuhan tiap destinasi adalah sebagai berikut:
| Destinasi | Target Kunjungan | Pertumbuhan (vs 2024) |
| Borobudur | 164.583 | 10% |
| Prambanan | 160.697 | 11% |
| Ratu Boko | 10.139 | 2% |
| Teater Pentas | 5.456 | 36% |
“Kami berharap ada peningkatan positif dibanding tahun lalu. Namun, fokus utama kami tetap pada prinsip menghadirkan quality tourism untuk memastikan setiap pengunjung mendapatkan pengalaman yang nyaman, dan berkesan,” lanjutnya.
Kesiapan Operasional Destinasi
IDM berkomitmen untuk menghadirkan kenyamanan dan keselamatan wisatawan yang berkunjung ke destinasinya. Guna memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan pengunjung, IDM menjalin kolaborasi strategis dengan berbagai pihak, seperti TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan lainnya.
IDM berkolaborasi dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital atau Dirpamobvit Polda Jawa Tengah dan Polda DI Yogyakarta untuk melakukan asesmen bersama di setiap destinasi. IDM memitigasi potensi cuaca ekstrem di penghujung tahun dengan melakukan berbagai langkah, antara lain melakukan pruning atau pemangkasan ranting pohon rawan tumbang di area taman area, serta penambahan sarana prasarana keselamatan.
Selama kunjungan, IDM mengumumkan himbauan terkait kesiapsiagaan kepada wisatawan. Selain itu, IDM bersinergi dengan rumah sakit terdekat untuk mengantisipasi kasus dengan penanganan khusus dan intensif.
Guna memastikan kelancaran arus wisata, IDM juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk manajemen lalu lintas di sekitar destinasi. IDM mengantisipasi lonjakan volume kendaraan di masa liburan Nataru dengan menyiapkan sejumlah kantong parkir cadangan di kawasan baik di Candi Prambanan maupun Keraton Ratu Boko.
Demi kenyamanan mobilitas, IDM menghadirkan armada shuttle bus Prambanan–Ratu Boko serta berbagai pilihan kendaraan listrik yang melayani wisatawan di destinasi.
Semarak Liburan di Taman Wisata Candi Prambanan
Selain 3 program utama di Candi Prambanan, terdapat berbagai aktivitas lainnya termasuk Christmas Carol di Candi Prambanan. Kelompok Raya Swara, paduan suara anak-anak akan memeriahkan liburan istimewa di tanggal 24 Desember 2025 di area Pasar Medang Prambanan. Saat Natal 2025, Christmas Carol menghadirkan Secret Santa di area Taman Wisata Candi Prambanan.
Candi Prambanan juga sudah dibuka lebih pagi untuk dapat mewadahi masyarakat yang ingin berolahraga lari atau bersepeda di are Candi.
Teater dan Pentas menghadirkan tiga pertunjukan istimewanya, yaitu, Sendratari Ramayana Prambanan, The Legend of Roro Jonggrang, Shinta Obong memeriahkan liburan akhir tahun. Ramayana Ballet Prambanan hadir di dua stage berbeda, yaitu gedung Trimurti (indoor) dan Prambanan Riverfront (outdoor) di tanggal 23,25, 27, 28, 30 dan 31 Desember 2025 sudah termasuk jadwal penambahan pentas.
The Legend of Roro Jonggrang pentas di gedung Trimurti di tanggal 24, 26, 29, dan 31 Desember 2025. Sementara pertunjukan Shinta Obong di Prambanan Riverfront dijadwalkan di tanggal 26 dan 28 Desember 2025.
Pagelaran legendaris Sendratari Ramayana Prambanan menghadirkan pertunjukan ekstra di bulan Desember ini.
IDM ingin mengajak setiap pengunjung untuk tidak sekadar melihat, tetapi juga merasakan dan membawa pulang cerita yang menyentuh hati. Setiap langkah di destinasi ini dirancang untuk menjadi jembatan yang menghubungkan wisatawan dengan kekayaan nilai sejarah, menciptakan kenangan yang abadi dan penuh makna bagi siapa saja yang berkunjung.
“Kami mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk merayakan akhir tahun bersama kami. Mari jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk kembali mencintai budaya kita, dalam suasana yang aman, nyaman, dan penuh sukacita,” tutupnya.
