InJourney Perkuat Ekonomi Kreatif Digital Nasional melalui Dukungan pada Indonesia Game Developers Exchange (IGDX) 2025
PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, melalui anak perusahaannya InJourney Destination Management (IDM) mendukung akselerasi ekonomi kreatif digital Indonesia dengan menjadi bagian dari penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) Business and Conference 2025 yang berlangsung di Bali pada 9–11 Oktober 2025.
Direktur Utama InJourney Destination Management Febrina Intan menjelaskan keikutsertaan ini merupakan langkah strategis membidik potensi kolaborasi antara sektor pariwisata dengan ekosistem digital, salah satunya melalui aktivasi gim lokal. Dirinya berharap destinasi-destinasi culture & heritage seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton Ratu Boko dan TMII bisa menginspirasi para kreator gim lokal untuk menciptakan permainan digital yang syarat akan nilai-nilai historis.
“Kami membidik kerja sama dan kolaborasi intensif dengan developer gim lokal untuk mengembangkan gim-gim yang kental akan estetika lokal, tradisi dan situs budaya yang kita miliki. Eksplorasi dengan pendekatan kontemporer menghadirkan narasi yang lebih segar bagi generasi muda Indonesia,” jelasnya.
Pada IGDX 2025 ini, InJourney Destination Management menghadirkan Borobudur Verse, virtual reality yang dikembangkan oleh IDM untuk menciptakan pengalaman berwisata yang lebih mendalam, interaktif, dan edukatif bagi masyarakat.
Borobudur Verse mengajak pengguna untuk merasakan pengalaman menaiki Candi Borobudur serta menjelajahi tiap sudutnya. Inisiatif yang menggabungkan teknologi dan pariwisata ini dihadirkan guna menjawab tantangan dan peluang yang ditawarkan di era digital.
“Ekosistem digital melalui pengembangan narasi lokal yang mendalam perlu dilakukan, selain untuk memberikan pengalaman yang berbeda, juga bisa turut mengangkat destinasi wisata maupun seni budaya yang kita punya. Hal ini yang perlu kita upayakan bersama, seiring dengan semakin masifnya industri gim lokal Indonesia,” lanjutnya.
Febrina Intan berharap melalui IGDX 2025 ini tidak hanya mencetak gim-gim yang memiliki nilai jual, tetapi juga menghadirkan narasi budaya lokal yang memiliki standar dan diminati dunia internasional.
“Kolaborasi ini juga membuka peluang eksplorasi narasi dan estetika lokal yang unik, menjadikan gim Indonesia tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga duta budaya dan pariwisata yang efektif di kancah internasional,” jelasnya.
IGDX 2025 merupakan platform yang mempertemukan para pengembang gim lokal dengan investor, publisher, dan mitra global, memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu pasar gim terbesar di dunia. Tahun ini, IGDX mengusung tema “Accelerating Southeast Asia’s Creative Power” yang mencerminkan semangat kolaborasi lintas negara dan dorongan untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat pertumbuhan industri gim di Asia Tenggara.
Menurut data Kementerian Komunikasi dan Digital, Indonesia kini menempati peringkat keempat dunia dengan lebih dari 154 juta pemain gim, atau sekitar 40 persen dari total pemain di Asia Tenggara. Sektor gim nasional menyumbang sekitar Rp 71 triliun per tahun dengan lebih dari 2.000 pengembang dan penerbit aktif di berbagai daerah di Indonesia.
Dirut IDM Febrina Intan berharap Industri gim di Indonesia bertransformasi dari sekadar hiburan menjadi salah satu pilar utama ekonomi kreatif nasional dengan potensi yang sangat besar. Pertumbuhan pesat ini membawa dampak positif yang signifikan, terutama dalam hal penciptaan lapangan kerja dan peningkatan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).
“Industri gim memberikan dampak positif yang kuat pada ekonomi gig lokal, membuka lapangan kerja baru yang sesuai dengan passion generasi muda. Lapangan kerja yang tercipta tidak terbatas hanya pada programmer dan game designer saja, tetapi meluas ke berbagai peran krusial lainnya,” pungkasnya.
InJourney Destination Management mencatat peningkatan kunjungan ke destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, pada saat penyelenggaraan event Borobudur Marathon, Minggu (16/11/2025). Destinasi Taman Wisata Candi Borobudur dikunjungi sebanyak 15.040 wisatawan. Kunjungan wisatawan ke pelataran atau zona II Candi Borobudur sebesar 13.923 wisatawan. Sementara kunjungan naik Candi Borobudur sebesar 1.117 wisatawan. Merujuk data Kompas, jumlah peserta […]
Menteri Pemuda dan Olahraga RI Erick Thohir mengatakan bahwa event olahraga bisa mendekatkan Borobudur kepada masyarakat. Hal ini diungkapkan setelah melepas pelari Half Marathon pada ajang Borobudur Marathon 2025 di Taman Lumbini, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (16/11/2025). “Saya cukup lama di borobudur. Borobudur ini menjadi kompleks tidak hanya kebudayaan tapi […]
