Catwalk Nusantara Berlatar Candi Prambanan, Tumbuhkan Kecintaan Seni Budaya Indonesia
Dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menghadirkan kegiatan Catwalk Nusantara di area concourse destinasi Taman Wisata Candi Prambanan, pada Kamis (17/8/2023). Aksi ini dihadirkan sebagai sarana mendukung pemajuan kain wastra nusantara sekaligus wujud cinta dan bangga terhadap seni budaya Indonesia.
Program ini terwujud berkat kerja sama dan kolaborasi antara PT TWC dengan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Aksi ini dihadirkan untuk mewarnai Semarak Merah Putih di destinasi Warisan Budaya Dunia.
Semarak Merah Putih melalui aksi Catwalk Nusantara ini melibatkan 14 perancang busana dari DI Yogyakarta. Para desainer ini menghadirkan karya-karya terbaiknya untuk ditampilkan di kawasan Candi Prambanan.
Sejumlah peragawati membawakan karya-karya busana dari para desainer. Mereka berjalan menyusuri catwalk berlatar Candi Prambanan. Kemegahan candi Hindu terbesar di Indonesia, berpadu dengan karya seni busana modern bercorak tradisional berpadu menjadi satu kombinasi pertunjukan yang elegan.
Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC Hetty Herawati mengatakan bahwa Catwalk Nusantara ini menjadi langkah awal kolaborasi dengan para perancang busana untuk melakukan pagelaran karya di destinasi Taman Wisata Candi. Selain itu, Catwalk Nusantara juga diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan kepada wastra nusantara.
“Catwalk Nusantara ini merupakan upaya mengkolaborasikan antara destinasi cagar budaya dengan kekayaan wastra nusantara untuk kita sandingkan dalam satu pagelaran, yang walaupun sederhana namun tetap bermakna. Terlebih, kegiatan ini dilakukan di Hari Kemerdekaan RI, yang bisa menjadi satu experience untuk mengukuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa,” jelasnya.
Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Yogyakarta Sugeng Waskito mendukung penuh adanya kolaborasi ini. Sebagai salah satu desainer, pagelaran Catwalk Nusantara menjadi panggung yang istimewa, dengan latar kemegahan Candi Prambanan.
“Kami bersama para anggota APPMI tentunya senang bisa ikut serta memeriahkan peringatan Kemerdekaan RI ini. Semoga ke depan hal ini bisa terus dilanjutkan, dengan menggunakan destinasi-destinasi lainnya,” terangnya.
PT TWC juga menggaungkan campaign #pakaiannusantara yang diperuntukkan bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi-destinasi PT TWC. Campaign ini digaungkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kekayaan wastra nusantara. Kekayaan yang berakar dari sosial kultural masyarakat nusantara ini merupakan perwujudan cipta, karya, karsa dan menjadi salah satu kekayaan khas Indonesia.
PT TWC sebagai Indonesia Heritage Management berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkelanjutan dan berkualitas, untuk menghadirkan destinasi yang inspiratif, atraktif dan edukatif. Melalui program Semarak Merah Putih ini, wisatawan yang berkunjung bisa turut serta merayakan Hari Kemerdekaan dengan suka cita dan ikut merasakan semangat cinta tanah air di destinasi cagar budaya unggulan Indonesia ini.
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko berhasil meraih predikat emas dengan nilai 90,63% pada proses audit Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) di area kantor maupun destinasi wisata Taman Wisata Candi (TWC). Hasil audit ini merupakan bukti komitmen yang tinggi terhadap keselamatan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan di lingkungan kerja PT TWC. […]
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko atau InJourney Destination Management, berkolaborasi dengan Kisah Tanah Jawa, menggelar penjelajahan istimewa bertajuk “The Other Side of prambanan” (30/10/2024). Kegiatan yang berlangsung pada Rabu Kliwon ini bertujuan mengajak peserta merasakan atmosfer Candi Prambanan yang berbeda melalui cerita-cerita eksentrik untuk menemukan energi positif dari situs warisan leluhur. […]