download

Puncak Perayaan Waisak 2568 BE di Candi Borobudur

3 minutes

Puluhan ribu pengunjung yang terdiri dari umat Buddha maupun wisatawan mennyaksikan prosesi puncak perayaan hari Tri Suci Waisak di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2024). Rangkaian kegiatan, mulai dari Pawai Waisak, prosesi detik-detik Waisak hingga penerbangan lampion berjalan sesuai rencana dan menghadirkan pengalaman yang bermakna bagi pengunjung yang datang.

Kirab Waisak berlangsung dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur sejauh kurang lebih 3 km. Arak-arakan menuju lapangan Kenari di zona I Candi Borobudur ini membawa sejumlah sarana ibadah, antara lain air suci Waisak, api dharma serta gunungan hasil bumi. Berbagai penampilan seni budaya dan sederet mobil hias turut memeriahkan kirab yang diikuti ribuan umat ini. Para Bhikkhu Sangha sibuk memercikkan air berkah sambal menyapa warga yang telah berjajar di sepanjang jalan.

Perayaan Puncak Waisak dipusatkan di Lapangan Kenari Candi Borobudur. Ribuan umat mengikuti tiap prosesi dengan penuh khidmat. Puncak Waisak diiringi dengan doa bersama yang dipimpin berbagai sangha, laku meditasi dan ditutup dengan pradaksina mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali.

Penyalaan 3800 lilin menerangi zona II Candi Borobudur untuk menghantarkan peserta penerbangan lampion yang memberi simbol perdamaian keharmonisan dunia. Perayaan Waisak ditutup dengan penerbangan 2568 lampion yang merilis sukacita, mengendapkan pengalaman penuh makna.

InJourney Destination Management (IDM), anak usaha Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung InJourney, mendukung pelaksanaan perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE, Kamis 23 Mei 2024 di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur. IDM memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh umat Buddha yang melaksanakan kegiatan ibadah di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) demi menjaga keamanan dan kekhusyukan beribadah.

Dalam semangat pengembangan Candi Borobudur sebagai Buddhist Epicentrum Dunia dan Destinasi Spiritual, IDM menyampaikan kesiapan Taman Wisata Candi Borobudur dalam menyambut Puncak perayaan Hari Tri Suci Waisak 2568 BE melalui pengaturan jam kunjungan operasional, pengalihan alur parkir dan menerapkan peraturan – peraturan yang mendukung kegiatan Waisak dapat berjalan lancar, sakral dan khidmat.

Taman Wisata Candi Borobudur melakukan penyesuaian kunjungan wisatawan di destinasi. Wisatawan reguler yang datang pada puncak Waisak 2024 tetap dilayani sejak pukul 06.30 WIB. Wisatawan juga tetap bisa melakukan kunjungan naik struktur Candi Borobudur yang dibuka sampai sesi 4 atau sampai pukul 11.30 WIB saja. Sementara pembatasan batas waktu kunjungan naik struktur Candi Borobudur pada pukul 13.00 WIB, dan pembatasan akses kunjungan reguler di pelataran Candi Borobudur, dilakukan mulai pukul 12.30 WIB.

Masyarakat yang ingin mengikuti puncak Waisak 2024 dengan melakukan pelepasan lampion ataupun menyaksikan pelepasan lampion, alur kunjungannya tetap melalui pintu 1 atau gate masuk wisatawan. Pengunjung diarahkan sesuai dengan alur kunjungan reguler untuk kemudian menempati lokasi terbaik yang sudah ditentukan bagi masing-masing pemegang jenis tiket. Sementara, pelayanan penukaran tiket peserta lampion yang diadakan MBMI dilakukan dari pukul 10.00–17.00 WIB. Lokasi penukaran tiket ini dilakukan di sisi barat gate masuk wisatawan reguler.

InJourney Destination Management juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Korlantas Polres Magelang dan masyarakat untuk menyediakan lahan parkir sementara di sekitar destinasi bagi umat maupun masyarakat umum yang ingin mengikuti puncak acara Waisak 2024. Kolaborasi ini merupakan wujud kesiapan InJourney Destination Management dalam memberikan layanan terbaik bagi pengunjung yang hadir agar keamanan dan kenyamanan tetap terjaga.

Lokasi utama parkir kendaraan diarahkan pada empat area, yaitu di Dusun Janan, Dusun Ngaran, Svargabumi dan lapangan Muhammadiyah Borobudur yang diperkirakan dapat menampung hampir 1.000 kendaraan roda dua, roda empat dan roda enam.

“Kami berharap seluruh rangkaian acara dapat berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat, sehingga masyarakat mendapatkan pengalaman yang mengesankan selama mengikuti Waisak 2024 di Candi Borobudur,” pungkas Hetty.