download

Kolaborasi Hadirkan Destinasi “Bersinar” di Candi Borobudur

3 minutes

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah mendeklarasikan destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Kabupaten Magelang, menjadi destinasi “Bersinar” atau Bersih Narkoba. Melalui kegiatan pencanangan dan deklarasi wisata bersinar (bersih narkoba) yang dilaksanakan oleh BNN Provinsi Jawa Tengah bersama dengan pengelola TWC Borobudur ini merupakan upaya dalam mewujudkan wisata yang bersih dari narkoba.

Acara ini dihadiri oleh Kepala BNNP Jawa Tengah, seluruh kepala BNN Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, General Manager Taman Wisata Candi Borobudur beserta jajaran, Plt. Kepala Museum Cagar Budaya, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Camat Borobudur, Komandan Koramil Borobudur, Kapolsek Borobudur, Kepala Desa Borobudur, Ketua HPI Kabupaten Magelang, Ketua Bumdesma Manunggaling Rasa, Ketua Kopari Catra Gemilang, Ketua SKMB TWC Borobudur, Pengkios TWC Borobudur.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Jamaludin Mawardi menyampaikan bahwa Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur siap berkomitmen dalam membentuk lingkungan wisata bersinar dengan berupaya mewujudkan kegiatan yang bersinergi dengan BNN terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Masalah narkoba memang perlu bekerja sama dengan semua masyarakat. Semoga dengan pencanangan wisata bersinar ini kita bisa bersinergi dan bisa menyebarluaskan informasi dan edukasi terkait bahaya narkoba dengan mudah,” ujar Jamaludin, Rabu (29/5/2024).

Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Agus Rohmat mengajak bersama-sama memerangi narkoba untuk mewujudkan Jawa Tengah bersih narkoba (bersinar) .

“Kita membuat sejarah di bangunan bersejarah ini, dan ini pertama kali kita deklarasikan wisata bersinar di Candi Borobudur. Dengan bersih dari narkoba, bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung, dan dengan kenyamanan yang meningkat, sektor ekonomi juga akan meningkat. Sangat berbahaya jika ada pengunjung terkena narkoba terus naik ke atas, lalu jatuh. Itu akan menjadi dampak buruk bagi kita semua, itulah mengapa tempat wisata ini harus bersih dari narkoba,” kata Agus Rohmat.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi Wisata Bersinar oleh General Manager Taman Wisata Candi Borobudur yang diikuti oleh seluruh hadirin. Selain itu, dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Wisata Bersinar oleh General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Jamaludin Mawardi, Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Agus Rohmat dan Kepala BNN Kabupaten Magelang Daniel Y. Katiandagho untuk mewujudkan wisata bersinar.

Melalui kegiatan ini diharapkan Taman Wisata Candi Borobudur dapat mendukung program BNN dalam melaksanakan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba), serta menjadi contoh bagi tempat wisata lainnya di Magelang untuk menjadi wisata bersinar, sehingga dapat mewujudkan Jawa Tengah yang bersih dari narkoba.

Di tahun 2023, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menandatangani Nota Kesepahaman dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi DI Yogyakarta. Sinergitas ini memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki untuk menyebarluaskan informasi dan edukasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

PT TWC siap mendukung langkah BNN dalam upaya mewujudkan P4GN, dengan semangat kebersamaan mewujudkan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko “Bersinar”.